Tips Menabung Emas

Posted in Diskusi | No Comments »

Sudah lebih dari setahun ini saya menabung emas. Kenapa emas?

Pengennya sih nabung tanah atau rumah biar bisa disewakan, jadi tiap bulan dapat pemasukan tambahan, tapiiii,,sayangnya saya hanya karyawan biasa yang ngak cukup duit buat beli rumah. hehehe

Jadi cara yang paling gampang adalah menabung emas.

Kenapa emas? Karena emas adalah save haven alias pelindung kekayaan. Emas di sebut sebagai pelindung kekayaan karena emas tidak tergerus dengan inflasi.

Misalnya.. Kita ingin menabung untuk beli rumah, sebagai karyawan swasta biasa seperti saya,  menabung untuk bisa membeli rumah paling tidak dibutuhkan waktu minimal 5 tahun agar uang terkumpul untuk membeli rumah. Masalahnya adalah uang tabungan kita mau ditabung dimana? Dicelengan? atau untuk para pasangan muda biasanya adalah menabung di rekening bersama. Namun saya tidak menyarankan teman-teman pasangan muda sekalian untuk menabung di rekening. Karena bunga tabungan di rekening kita tidak menutupi inflasi / kenaikan harga pertahunnya. Misal, hari ini kamu punya uang 10 juta. Dan kamu ingin menabungnya di rekening. Dalam waktu 5 tahun kedepan, jumlah tabungan kamu akan tetap 10 juta, dan bisa jadi berkurang terkena biaya administrasi, dan lebih parahnya lagi, uang sebanyak 10 juta di tahun 2016 ini belum tentu nilainya akan masih tetap banyaknya 5 tahun kedepan. Karena setiap tahun harga barang-barang selalu naik akibat inflasi.

Beda ceritanya kalau 10 juta tadi kamu tabung dengan cara di belikan emas. Karena harga emas tiap hari berubah-ubah mengikuti pasar. Kalau harga barang-barang naik harga emas juga akan naik. Harga emas mengikuti harga inflasi. Sehingga untuk jangka panjang tabungan emas adalah yang paling tepat.

Menabung emas adalah cara yang paling mudah dilakukan. Tinggal beli, simpan, dan jual kembali kalau sedang membutuhkan uang.

 

Berikut tips dari saya buat agan sekalian yang ingin memulai menabung emas.

 

  1. Habiskan saja uangmu. Setelah gajian, sebaiknya langsung anggarkan danamu untuk beli emas, max 40 % dari gajimu kamu belikan emas. Ini adalah cara yang ampuh untuk mempercepat tujuan menabung. Seperti tujuan menabung  untuk beli rumah,  menabung untuk sekolah anak, dsb. Kenapa max 40% dari gaji? Teman-teman juga jangan lupa kalau dalam sebulan agan sekalian juga punya kebutuhan yang harus di penuhi.
  2. Menabung di awal gajian bukan di akhir gajian. Kalau kita menunggu ntar akhir bulan kita liat sisanya berapa baru buat nabung. Maka, sisa uang akhir bulan tersebut akan susah terwujud. Yang ada malah dibelanjakan. Karena semakin besar pemasukan juga akan berakibat semakin besar pengeluaran. Jadi saran saya, menabung saat setelah gajian. Maksimal 40% dari gajimu. Baru 60% dari gajimu terserah mau kamu buat apa, yang pasti buat kebutuhan kamu selama sebulan. Dengan cara begini, akan mampu menekan gaya hidup kamu. Kalau semakin besar penghasilan semakin besar pengeluaran, maka dengan cara ini kamu akan bisa merasakan semakin kecil pendapatan semakin kecil pengeluaran. Beli emas dan lupakan. Memaksa kita untuk menekan gaya hidup kita. Kalau ngak gitu, dipastiin gaji agan-agan akan habis untuk beli hal-hal yang ngak penting seperti baju baru, sepatu baru, tas baru, dsb. Padahal tas, baju, dan sepatu dirumah masih banyak yang bagus.
  3. Beli emas alias menabung emas dengan tekun dan rutin. Usahakan tiap bulan menabung emas meski hanya 1 gram.
  4. Beli emas dan lupakan. Jangan sering dihitung-hitung tabungan kita sudah berapa dengan melihat harga emas kita saat ini sudah berapa. Sebaiknya beli, simpan ditempat yang aman, dan gunakan atau dijual kalau ada kepentingan mendesak saja. Kalau saya sih biasanya saya gadaikan, karena emas bisa digadaikan disemua cabang pegadaian dengan bunga yang cukup kecil. Cuma 2.3% perbulan. Jadi kalau ada dana lagi emas kita masih bisa kita tebus kembali.
  5. Utamakan emas batangan ketimbang emas perhiasan. Kalau emas batangan hanya bisa disimpan dan lihat. Sedangkan emas perhiasan bisa dipakai untuk mempercantik diri. Tapi kalau beli emas perhiasan di toko-toko emas harganya cenderung lebih mahal karena mereka bilangnya ada biaya pembuatannya. Tapi yah namanya toko nyari untung jadi terkadang harganya sering kelewat mahal, apalagi kalau kita tidak tahu-menahu berat, kadar, dan harga emas hari ini. Bukannya untung malah dijadikan sasaran empuk toko emas untuk mencari untung sebanyak-banyaknya.
  6. Beli emas di antamnya langsung. Atau di UBS dan King Halim. Yang menyediakan emas batangan dengan kemurnian 24 karat di Indonesia. Namun yang populer saat ini adalah Antam karena Antam adalah perusahaan BUMN dan setiap produk emasnya disertai sertifikat keaslian dari London Bullion alias LBMA. Jadi agan-agan tidak perlu kuatir kalau emas yang agan beli di antam palsu, karena sudah dijamin keasliannya dengan disertakan sertifikat.

Sayangnya butik Logam Mulia antam hanya ada di kota-kota besar saja. Sehingga agan-agan yang berada jauh dari kota besar yang terdapat butik Logam Mulia Antam kesulitan untuk membeli emas untuk kebutuhan tabungan investasi. Namun agan tak perlu kuatir, karena Toko Online terbesar di Asia seperti Lazada sudah menyediakan emas batangan LM Antam. Agan tak perlu kuatir karena Lazada sebagai toko online terbesar dan terpercaya sangat menggutamakan kepercayaan agan semua. Jadi jangan khawatir untuk beli emas batangan di Lazada.

Berikut link produk emas batangan Antam yang dijual di Lazada kalau agan berminat untuk menabung emas http://www.lazada.co.id/emas-lm/

Selamat menabung emas..!!

 

Pengalaman Ambil KPR

Posted in Diary | No Comments »

Sebenarnya saya sudah lama mengincar KPR, awal mula saya tahu KPR dari temen kerja saya. Kebanyakan teman kerja ku sudah bapak-bapak semua, tapi ada untungnya juga karena mereka bisa memberi masukan yang berguna.

Tahun lalu pun banyak rekan kerja se kantor yang mengambil KPR di Citayam. Dengan iming-iming dekat dengan stasiun KRL. Yahh tentu saja itu perumahan bersubsidi di Citayam laris manis karena dekat dengan stasiun KRL (yah meskipun gak deket-deket amat, naik angkot sekali), sedangkan kantor tempat saya bekerja sangat dekat dengan stasiun Gondangdia yang jalan kaki aja sampai karena benar-benar hanya disampingnya.

Tahun lalu, membutuhkan waktu 6 bulan lebih buat aku menabung, dan browsing-browsing seputar KPR, emas, lelang rumah, dan sebagainya.

Awalnya aku hanya menabung emas, simpel, beli emas tiap bulan setelah gajian..

Makin lama emasnya bakal makin banyak. Dan ngeri juga kalau nyimpen emas sebanyak itu di kostan gubuk kita.

Sehingga pada hari ini 04-06-2016

08.00 wib

Berangkat kerja seperti biasa.

 

12.30 wib

Dijemput suami di gerbang belakang kantor, hari ini Sabtu, pak bos ngak dateng. Jadi aku putuskan untuk pergi ke Tambun buat melihat-lihat Perumahan bersubsidi.

Aku WA nomor marketing yang aku dapet dari internet.

Janjian ketemuan buat liat-liat tempat.

14.00 wib

Ban motor mas Dian bocor di Babelan. Ujung-ujungnya kita muter-muter Tambun ngak jelas meski kita suadh pakai patokan GPRS di hape tanganku.

15.00 wib

Mampir ke warung buat ngecas hape karena hape kita berdua sudah mati. Harus ngecas hape karena ini yang menghubungkan aku dengan WA marketingnya.

 

15.45 wib

Marketing dari perumahannya dateng, kita ketemuan di depan SMAN 1 Tambun Utara.

 

Setelah itu kita melihat-lihat beberapa perumahan dari ada yang belum dibangun, setengah di bangun, sampai ada yang sudah siap huni,.

Aku sih sebenarnya ngincer yang belum di bangun karena Total Uang Muka yang harus di keluarin ngak banyak, tapi pas liat tempatnya agak jauh jadi agak males dan gak cocok.

Mas Dian pilih perumahan yang sudah jadi dan sudah ramai, sehingga harganya agak mahal. Meskipun ternyata setelah di jalan dia ngak paham dan ngak ngeh kalau yang dia pilih itu agak mahal dari yang lainnya. Tak apalah, aku juga ngak nyesel kok ambil yang ini, karena emang ngak begitu jauh dari rencana pembangunan stasiun Tambun dan kawasannya bagus.

Setelah cocok milih rumah yang mana, marketingnya mengajak kita ke Marketing office.

Bayar Booking fee..

Dikasih surat-surat buat di isi..

Dan berkas-berkas yang harus di kumpulin untuk pengajuan KPR..

Setalah itu kita pulang..

Capek juga..

Karena jam 20.00 wib kita baru nyampe di kostan kita di Cikini..

Banya hal yang kita bicaraka layaknya pasangan suami-istri yang sedang mencari rumah bersama. Eitss. kita kan emang sudah suami istri, hehehehe

:) :) :) :)

 

Capek

Posted in Uncategorized | No Comments »

11.00 wib

 

Jam segini sebenarnya rencana kita adalah ke Citayam buat lihat kontrakan rumah, tapi dengan berbagai pertimbangan akhirnya kita gak jadi kesana.. Dan hanya tidur-tiduran dikamar..

 

 

 

12.00 wib

 

Kita mulai keluar kandang menuju  ke perpus Cikini. Kita hanya duduk-duduk dan baca-baca dengan kesibukan masing-masing, kita diam saja dengan aku baca buku dan mas dian ngerjain kerjaannya di laptop. Aku iseng baca buku berbahasa Inggris buat mengasah bahasa Inggrisku. Cenderung membiasakan diriku dengan bahasa inggris saja sih..

 

15.00 wib

 

Badanku gemeteran karena dari pagi belum makan, tadi pagi hanya makan mie instan di kamar kostan sama mas dian. Jadwi aku langsung ngajak mas dian makan keluar. Kita makan ke warung belakang kantor pos cikini.

 

Setelah makan kita ke Gramedia Matraman, baca-baca buku gak jelas. Lagi-lagi buku Tere Liye yang jadi idaman. Selain liat-liat buju kita juga liat-liat barang. Ada kotak kayu yang sangat aku inginkan. Tapi gak jadi beli karena alasan ’emang mau buat apa?’ dan aku mikir lama buat menjawabnya. Akhirnya gak jadi beli deh..

 

18.30  wib

Kita pulang. Capek. Meski bingung ntar di kost mau ngapain aja.

 

Akhir-akhir ini aku memang sering bengong dan melamun. Banyak hal imposibble yang aku lamunin alias aku mimpiin.

 

Pertama, aku bermimpi menjadi penulia terkenal, bukan di dalam negeri tapi terkenal di luar negeri. Saking terkenalnya sampai-sampai novelku di filmkan oleh PH dari luar negeri, bahkan mereka sampai mau berepot-repot membawa artis sekelas Selena Gomes ke Indonesia buat syuying film yang diangkat dari novel tulisanku. Maklum artis luar yang lagi tenar-tenarnya di luar datang ke Indonesia buat syuting film, pasti akan menyedot perhatian masyarakat Indonesia lewat siaran-siaran onfotainment di TV. Aku kan kerja di TV, tapi teman-temanku belum ada yang tau kalau akulah penulis novel hebat tersebut. :) :)  Dan sayangnya itu semua hanyalah salah satu khayalanku saja di srla-sela kebengonganku.. :3

Feel Much Better

Posted in Diary | No Comments »

Lately, our condition is being much better. Even if my husband work in Batam and I work in Jakarta, but I feel my conditon is much better, because all of debt being paid. We are didn’t have a debt again. And we have a little saving money. I think is to far to think about buying a house, but I am happy we didn’t have a debt and have a little a saving money.

I still don’t know what I will doing in the future. I just can save my money in a gold, and I didn’t know its (saving money in a gold) is a better choice or not. What I know is that a gold price is in a lowest price in this  past three years. I didn’t know too when the gold price will raise. I just think that save a money in the gold is better than saving a money in the bank. Because I will often take it or use it to something not important, like buy a cloth, shoes, or something which make me happy. After payday I immediatelly going to the Antam Pulogadung to buy a gold bar 4gr, 5gr, or 10gr. My salary is not much enough, more than 80% from my salary I using to buy a gold. I just want to collect much money as soon as possible and buying our own house. I hope the house price in Citayam, Bojonggede, Cilebut, Cibinong, and surrounding is not rise in the next 5 year from now.

_________________________________________________________

10.15 wib

I am going to the office even if I in vacation from the work. I walk from Kalipasir to the MNC Tower Kebon Sirih 23th floor to take a foto to make an ID Card. I wear my work uniform for the first time, I wear that when take a foto and I take it off as soon as I finished take a foto. I didn’t why I didn’t like to wear my work uniform. Its make me not confident. I work in MNC World News, but my office for a while is in LIbrary RCTI, and in contract Iam in HRD InewsTV. So I feel a little lack of confident about Iam an employee in which company? Its make me feel a little confused and being feel not secured. I can discarged anytime.

After take a foto I didn’t going back to home because I being bored in my room, so I am going to my office in MNC Plaza and browsing many thing in internet. I can browse an internet in my room but the connection is very slowly so its make me impatient. Internet in my office is more fast than in my room with a small laptop. I browse many thing until now, and I take a little time to write this note. I think I will going to work too because in my room alone is feel lonely, My husband can not go home in these month.

I hope everything will be okay and my husband can going back home as soon as possible.

_________________________________________________________

I open a facebook too. So many friend which can succes and going abroad so easily, so I feel little envy. I work in many years but I not yet get a succcesion in my work. I didn’t know more about what must I do to be more succes and surpasses my friends.

 

Meeting

Posted in Diary | No Comments »

14.06 wib

I already in office, to attend a meeting about LTO 6 and about moving to new building.

I do not quite understand, maybe because I am new, I rarely join in a meeting so I just sit and hear.

In Morning my husband going to Cempaka Mas to meet his proseective boss.

I hope anything will be alright, even if I little disppointed with salary, I will not get a double salary this month..

By Nokia Lumia 800

Posted in Uncategorized | No Comments »

I write this note by using my husband handphone, Its Nokia Lumia 800, OS Windows Phone. I like the model and I like this because is very comfortable to browsing and internet..

This day is Friday, I am menstruasi, that mean I am not pregnant yet..

I want to buy a phone or tab, because I need to write my blog and open pustaka.ut.ac.id anywhere and anytime.. I need to read many book in pustaka.ut.ac.id because I want to take a master degree in there. So I need gadget which can doing a good internet connection..

 

Maybe I need to be patient until I get my wage..

Must Be More Patient

Posted in Diary | No Comments »

12.00 wib

I wake up like always.

 

13.00 wib

I take a bath like always.

 

13.45 wib

I am going to work like always.

 

I think I must being like this more and more, I need to save a money to buy a house. 😀 😀

In five years laters, I want to have two house, One for me, and one for rent..

Maybe its seems imposible, but I need to achieve that.

I want to pension in 30 years old.

But, first what I need to do is work in news place first in 1 Oktober 2015,

I need to save IDR 3.000.000

For a month I must pay a rent IDR 500.000

And I will still have IDR 500.000 for my living for a month.

It seem crazy, IDR 500.000 for a month, but I think I must doing this.

After 6 month of I am working, I want to take a KPR, the downpayment is IDR 16.000.000 for a subsidion house in Citayam, why Citayam, because its near from KRL Station,. Actually everywhere is fine as long as its near a KRL Station.

After I take a KPR I want to lease that house and I will still live in my small room.

Every month I will pay a bank credit from leasing a house.

And during that credit going on, I will still save my salary in a gold. Maybe after 4 years I will ready to buy a house in a cash.

InsyaAllah,.

How about a child?

I will still gave a birth if I pregnant, so I must make a plan B,.

Maybe I can lean on my husband, even if I can not lean on him now, I hope in the future I can lean on to him.

I still didn’t know what I must do to my husband, he has not money and looking for a job, I hope he get a job as soon as possible.

I just can help him with a cleaning our small room, I want him to be relaks and pleased. I just can pray hope he will found a best job for himself.

 

Assesment

Posted in Diary | No Comments »

10.00 wib

I am going to 23th floor MNC Tower to job interview. I don’t know why interview again. Why interview again.

I am waiting a hour with my friend.

12.00 wib

I am going at office to work.

13.30 wib

I am sleeping at mosque.

14.30 wib

My nap is too noisy, I receive many message in Whatsapp.

I am get up and going to work again..

 

Yesterday, I buy a train ticket via online, I force my husband to go to Solo too..

I think I being more and more selfish ever again.

I need a NPWP and KK and eKTP.

I need that all.

Why take the day off work just for one day is do difficult.

I am really didn’t like it.

He is too idealist with a job or work.

 

 

Roses

Posted in Diary | No Comments »

Recently I am being mad at my husband.

This weekend when he came home he bring me a roses, last week too.

Last week he bring a pink rose, this week he bring red rose.

I know he try to make me happy, he never give me a rose before.

Maybe because recently I mad and not give him a real smile.

Even if like that, I don’t know why I am still not happy.

I don’t know, am I that mad?

Or our house is not in a good condition.

I am still a child, maybe because I am not ready to be a wife.

I just will focus on how to buy my own house.

And live happily in there.

I force to out from my house, my mother in law maybe very relieved that I am out from house, so I can not back.

I didn’t want to live in Solo too. I didn’t want live in my in law in Solo. I will live in Solo if I have my own house and have my own income.

Maybe you all can call this that I am being more selfish and egoist. But I feel that no one thinking about my future, so I must have my own future.

T.T

Found It

Posted in Diary | No Comments »

07.00 wib

I am get off from my husband house in Cikarang. He took me to the main road, from there I take an “ojek” to the Terminal of Cikarang. Ojek is a public transport which use a motorcycle. I thing Ojek is just exist in Indonesia. I don’t know that in foreign country is there ojek too, i dont know because I never going to the foreign country.

08.30 wib

I arrive at Terminal Cikarang, Its little late because the traffic is very busy. I hope I will still have a much time to sleep.

As soon as I ride the bus, I feel asleep, when I wake up the bus already had reached in Matraman Central Jakarta. I wake up, and stop in the near Pal Putih Busway Station. From Pal Putih I walking to the my rent housing..

I take a bath and sleep again. Before I take a bath I repair my shoes in down house, there a cobbler in my room neighboor.

I sleeping until 13.00 wib.

I going to the work at 13.30 wib.

And I sleep again in the mosque office at 15.30 wib.

I think I need much sleep, so I sleep anywhere.. 😀 😀

Something I can get from Cikarang is My Kartu Mahasiswa, I found it at mas Dian suitcase.

I happy, and I already fotocopy it, maybe tommorow I will going to the UT Jakarta to take a care my registration to join graduation ceremony.. :) :) :) :)

 

Something unsolved yet is about my KK and KTP, I wonder about when we can going to the Solo together..